5 Strategi Digital Marketing Agar UMKM Makin Sukses

Penggunaan iklan secara konvensional menjadi sesuatu yang kurang efektif untuk mempromosikan produk kita kepada pelanggan baru. Terlebih lagi, kegiatan manusia banyak yang beralih dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Hal ini bisa menjadi ladang baru bagi UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah untuk meningkatkan brand dan menjangkau pelanggan lebih banyak. Karena itu, kamu memerlukan sebuah strategi pemasaran online yang dikenal sebagai digital marketing.

Digital marketing merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu produk secara online. Sehingga, kamu hanya perlu menampilan produk yang sedang dijual baik melalui sosial media, website, ataupun marketplace.

Pengunaan digital marketing ini dapat menjadi peluang dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan efektif dan sesuai dengan target sehingga memungkinkan UMKM untuk bersaing dengan perusahaan besar.

Mengapa Strategi Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM?

Memaksimalkan penggunaan digital marketing dalam mengsukseskan UMKM memiliki banyak manfaat yang dapat kamu peroleh. Berikut adalah manfaat yang kamu dapatkan Ketika melibatkan strategi digital marketing untuk bisnis kamu.

Jangkauan Lebih Luas

Digital marketing menjadi sebuah kesempatan baru bagi UMKM untuk memperkenalkan brand secara luas tanpa terikat ruang dan waktu. Dengan memanfaatkan sosial media, website hingga e-commerce, kamu bisa melebarkan sayap bisnis kamu sehingga dapat menarik banyak pelanggan baru yang sesuai dengan target yang kamu tentukan.

Baca Juga: Kenali Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Target Pelanggan yang Tepat Sasaran

Dengan menggunakan digital marketing, kamu bisa mempersempit target pelanggan yang sesuai dengan produk yang kamu promosikan. Terdapat alat canggih yang dapat menyesuaikan kampanye pemasaran untuk menarik audiens yang relevan.

Lebih Menghemat Biaya

Walau dengan anggaran yang terbatas, kamu tetap bisa memaksimalkan promosi prodok yang sesuai dengan opsi iklan yang dapat kamu pilih. Dengan begitu, kamu dapat menentukan dana penjualan dengan efesien dan fleksibel.

Analisis Data Untuk Mengambil Keputusan

Terdapat data penting yang dapat kamu gunakan sebagai bahan preferensi dari kebiasaan pelanggan kamu ketika belanja dan membeli produk favorit mereka. Hal ini bisa menjadi sebuah gambaran supaya kamu dapat mengambil Keputusan untuk meningkatkan produk yang kamu jual.

Meningkatkan Interaksi Langsung Dengan Pelanggan

Melalui sosial media ataupun platform lainnya yang kamu gunakan untuk melakukan penjualan, kamu juga dapat meningkatkan interaksi langsung dengan pelanggan seperti memberikan menjawab pertanyaan, memberikan dukungan, bahkan mengetahui kebiasaan langsung pelanggan sehingga kamu bisa menarik kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Strategi Digital Marketing Agar Usaha Kamu Semakin Sukses

Dalam memaksimalkan bisnis secara online, tentunya diperlukan sebuah startegi jitu agar usaha yang kamu jalani semakin mendapatkan keuntungan melalui penjualan dengan memaksimalkan internet dan teknologi. Berikut ini terdapat startegi yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan usaha yang kamu kembangkan melalui digital marketing.

Mengoptimalkan Sosial Media

Memasarkan produk yang kamu jual melalui sosial media dapat menjadi salah satu cara dalam memperkenalkan brand dan menarik banyak pelanggan baru supaya mereka dapat mengenal produk yang kamu jual dengan lebih luas.

Tentunya kamu diharuskan untuk tetap konsisten dalam membagikan konten, berinteraksi dengan pelanggan, dan memberikan konsumen kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka ketika mencoba produkmu agar kamu dapat mengetahui preferensi dari pelanggan secara langsung.

Selain itu, analisis juga pasar yang ada di platform sosial media supaya kamu dapat menentukan konten yang relevan dan paling efektif untuk menarik lebih banyak audiens, sehingga UMKM kamu dapat menentukan startegi yang tepat sasaran dalam menarik minat konsumen.

Meningkatkan Content Marketing

Membuat konten yang menarik dan informatif mengenai produk yang kamu jual dapat menjadi strategi jangka panjang agar produk kamu semakin dikenal oleh banyak pelanggan. Salah satu caranya adalah melakukan blogging atau membuat artikel yang dapat membagikan wawasan berupa tips atau informasi penting yang dapat menarik perhatian pembaca.

Selain membuat artikel, kamu dapat membuat video, QnA session, atau live streaming secara terjadwal untuk melibatkan konsumen secara langsung sehingga UMKM yang kamu jalani dapat lebih dipercaya dengan berbagai sumber informasi yang kredibel.

Mengembangkan SEO (Serach Engine Optimize)

SEO merupakan teknik mengoptimalkan situs web agar masuk ke dalam ranking pencarian teratas di mesin pencarian seperti google. Kamu dapat memulai dengan melakukan riset kata kunci yang sedang viral atau memiliki jumlah pencarian tertinggi.

Kamu juga harus membuat konten yang berguna dan memberikan banyak informasi terbaru untuk menarik minat konsumen. Membagikan informasi yang sudah tidak relevan akan menurunkan performa SEO yang sudah kamu bangun.

Terhubung Melalui Email Marketing

Dengan terhubung melalui email dapat memungkinkan komunikasi secara langsung dengan pelanggan dan meningkatkan tingkat keterlibatan konsumen dengan brand yang kamu kembangkan.

Kamu dapat membagikan event, penawaran khusus, dan update terbaru lainnya. Selain itu, membagikan konten melalui email marketing dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru mengingat banyak orang terhubung dengan mengakses email.

Kolaborasi Dengan Influencer Marketing

Melakukan kerja sama dengan influencer marketing dapat memperluas jangkauan merek dan menarik audiens yang lebih relevan. Kamu dapat melakukan kolaborasi seperti membuat konten bersama, endorsement, ataupun kampanye khusus. 

Penting untuk mencari influencer yang tepat yang sesuai dengan target pasar kamu. Kamu bisa mencari influencer dengan engagement yang tinggi dengan nilai yang sejalan dengan bisnis yang kamu miliki.

Kemajuan teknologi tentunya menjadi tantangan baru bagi UMKM. Namun, kamu dapat mempelajarinya dengan memulai memanfaatkan teknologi, hingga menerapkan strategi digital marketing untuk memperkenalkan brand dan menarik pelanggan baru.

Kamu dapat menyesuaikan strategi digital marketing di atas sesuai dengan jenis produk yang kamu jual, target pasar, dan anggaran yang kamu miliki. Pelajari tren terbaru yang berbasis digital agar kamu dapat membuat strategi yang cocok dan tepat sasaran untuk mencapai hasil yang kamu inginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top