Meminta maaf adalah sesuatu yang seharusnya kita lakukan ketika kita melakukan kesalahan, termasuk dalam dunia kerja. Kita harus bisa bertanggungjawab atas kesalahan yang kita perbuat kepada rekan kerja, supervisor, direktur, dan lain lain serta melakukan perubahan di masa depan. Kata “maaf” yang dikeluarkan memang membuat orang lain respect dengan kita karena kita menunjukkan penyesalan. Namun, kata maaf yang dilakukan secara terus-menerus tanpa perubahan bisa saja membuat sebagian orang merasa risih dan kamu akan terkesan menyepelekan kesalahanmu. Kesalahan yang diperbuat di dunia kerja tidaklah berbeda jauh dengan sehari-hari sehingga kita hanya perlu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Lalu, kesalahan apa yang sering dilakukan di dunia kerja dan cara meminta maaf yang baiknya.
1. Datang Terlambat

Foto: freepik.com
Ketika datang terlambat, kebanyakan dari kamu mengatakan “Maaf, saya terlambat” atau bahkan tidak mengatakan sepatah katapun kepada orang-orang di lingkungan kerjamu. Dalam hal ini, kamu bisa menambahkan alasan keterlambatanmu atau memberikan solusinya seperti “Maaf, saya terlambat karena transportasi yang saya gunakan mogok” atau “Maaf, saya terlambat. Ke depannya, saya akan berangkat 2 jam lebih awal”. Kamu juga bisa ganti kata maaf dengan terima kasih, seperti “Terima kasih telah mentoleransi keterlambatan saya”.
2. Tidak Merespons Pesan atau Panggilan
Kesalahan ini sering terjadi ketika pekerjaanmu sedang menumpuk sehingga pesan atau panggilan dari rekan kerjamu terlewatkan. Hal ini seringkali menghambat pekerjaan orang lain dan bisa menyebabkan mereka akan melakukan hal yang sama kepadamu. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengatakan pekerjaan apa yang sedang kamu lakukan sehingga tidak membalas pesan atau panggilan mereka sehingga mereka bisa paham dengan situasimu. Jika pesan atau panggilan yang dilewatkan ternyata memiliki konteks penting dan berakibat fatal, jangan lupa untuk memberikan solusi lain kepada pihak yang terlibat agar mereka tidak merasa terlalu dirugikan.
Baca juga: Merasa Bosan? Menanam dengan Hidroponik Bisa Jadi Solusinya!
3. Terlambat Menyelesaikan Pekerjaan
Sama seperti dua poin sebelumnya, jangan lupa untuk menyertakan alasan yang logis. Daripada menggunakan “Maaf, saya terlambat menyelesaikannya karena saya lupa,” kamu bisa menggantinya dengan “Maaf, saya melewatkan poin penting dari apa yang disampaikan”.
Itu dia 3 kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang di dunia kerja. Kunci pada saat meminta maaf adalah buat mereka paham dengan kondisimu. Kalau perlu, tawarkan solusi jika kesalahanmu merugikan pihak lain. Kamu juga harus sebisa mungkin menghindari masalah di tempat kerja agar bisa maksimal di tempat kerjamu.